Selasa, 05 Juni 2018

Ilmu Budaya Dasar (Manusia dengan Keindahan)


Novia Rahma Nur Azizah

14117549

1KA23

Ilmu Budaya Dasar

Manusia dengan Keindahan



Tenun Ikat Sumba



Di masa sekarang trend fashion semakin berkembang pesat ditambah lagi dengan kemajuan teknologi dan globalisasi, sehingga dengan mudah orang- orang meliahat berbagai gaya berpakaian dari berbagai negara. tetapi, pakaian tradisional ini tetap diminati masyarakat Indonesia. Apalagi, design dari pakaiannya semakin berkembang.

            Bicara fashion, tentu saja kita akan mengingat bahan yang dipakai atau kain jenis apa yang di pakai. Di Indonesia sendiri banyak kain tradisional yang mempunyai corak yang indah seperti : batik, kain songket, kain ulos, dan lain-lain.

Kali ini akan membahas tentang  Tenun Ikat Sumba.  Kain ini dibuat menggunakan akar- akar tanaman, atau kapas yang dipintal manual sehingga jalinannya kuat, pewarnaannya pun menggunakan pewarna alami sehingga warna yang dihasilkan tahan lama. Motif pada kainnya pun memiliki arti atau sejarah. Proses pembuatannya cukup rumit sehingga memakan waktu yang cukup lama, sekitar 6 bulan tak heran jika harga mencapai jutaan rupiah.





      Kain ini dipakai biasa di pakai masyarakat Sumba untuk upacara adat mulai dari penikahan, pemakaman atau upacara adat lainnya. Kain Ikat Sumba ini juga sudah di kenal dunia. Beberapa waktu lalu kain ini diperkenalkan, pada pegelaran Paris Fashion Week 2018.



Sumber: 
https://cantik.tempo.co/read/1067677/levico-bawa-kain-tenun-ntt-di-paris-fashionweek-2018          

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh Lembaga Audit Sistem Informasi di Indonesia dan ISO Sistem Informasi | Audit Teknologi Sistem Informasi

 1. IASII (Ikatan Auditor Sistem Informasi Indonesia) IASII dibentuk pada tanggal 20 Mei 2004 atas inisiatif beberapa praktisi dan akademisi...

Formulir Kontak

Total Pageviews

Cari Blog Ini

Pages